Cara beriklan di Youtube perlu Anda lakukan melalui beberapa tahapan. Youtube adalah salah satu platform media sosial berbasis video, kini hampir seluruh dunia yang menggunakannya. Banyak orang memanfaatkan kepopuleran Youtube untuk meningkatkan penjualan produk dan lain sebagainya. Bahkan, sejumlah orang berpendapat beriklan di Youtube lebih baik daripada beriklan melalui televisi. Memilih beriklan melalui Youtube memiliki pengaruh besar.

Namun, untuk melakukan iklan ini juga membutuhkan materi iklannya. Jika Anda memutuskan untuk menampilkan iklan display dalam bentuk video, maka sangat cocok tampil pada Youtube. Meski, bukan berarti Anda tak bisa menampilkan iklan dalam bentuk teks. Iklan teks dan gambar statis juga tetap bisa Anda tampilkan pada Youtube.

Inilah Cara Beriklan di Youtube yang Penting untuk Anda Tahu

Tentu saja ada beberapa tahap dalam beriklan melalui YouTube. Berbagai tahapan ini perlu Anda lalui agar pemasangan iklan bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa tahapan beriklan melalui YouTube yang perlu Anda ketahui.

Sambungkan Google Ads dengan Channel YouTube

Untuk beriklan melalui Youtube hal yang perlu lakukan yakni memiliki akun Google. Selanjutnya Anda perlu mendaftar layanan Google Ads serta memiliki channel YouTube. Akun Google Ads dan channel YouTube perlu Anda hubungkan terlebih dahulu. Sebab, untuk melakukan pengaturan iklan melalui Google Ads.

Unggah Video Iklan di Channel Youtube

Unggah video iklan di channel youtube menjadi cara beriklan yang perlu Anda lakukan selanjutnya. Sebelum menggunakan Youtube Ads, Anda perlu  mengunggah video iklan pada channel Youtube Anda. Caranya yakni dengan melakukan login terlebih dahulu ke akun Youtube. Kemudian Anda bisa pilih opsi “upload video”. Setelah itu, Anda mulai unggah video dan tunggu hingga unggahannya selesai. Saat akan mengunggah video iklan, pastikan untuk menambahkan judul, deskripsi, dan tag dari iklan.

Pilih Target Penonton

Langkah selanjutnya Anda juga perlu memilih target penonton. Penentuan target ini sangat penting agar iklan yang Anda buat menjadi tepat sasaran. Hal yang perlu Anda lakukan yakni dengan memilih target berdasarkan demografi. Pada pilihan ini, Anda perlu memilih target berdasarkan usia, jenis kelamin, serta status sudah memiliki anak atau belum. Bahkan mencakup persentase pendapatan penonton dalam rumah tangga. Selain demografi, Anda juga perlu memilih target penontonnya berdasarkan minat.

Buat Campaign di Google Ads

Cara beriklan di Youtube selanjutnya yakni membuat campaign melalui google ads. Setelah mengunggah videonya, Anda sudah bisa menyiapkan konten tersebut menjadi video iklan. Caranya yakni dengan melakukan pengaturan pada Google Ads. Ada banyak hal yang bisa Anda atur pada video materi iklan mulai dari memilih tipe campaign hingga subtitlenya.

Tentukan Spesifikasi Campaign Iklan YouTube

Anda juga perlu menentukan spesifikasi campaign iklan YouTube. Ada sejumlah parameter yang perlu Anda isikan untuk campaign iklan YouTube. Mulai dari nama campaign hingga strategi pembayarannya. Anda bisa memilih opsi bayar per tayang saat pengguna YouTube menonton videonya lebih dari 30 detik.

Pilih Format Iklan YouTube

Hal yang bisa Anda lakukan lainnya yakni dengan memilih format iklan yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan mempertimbangkan target penjualan, caranya dengan memilih sejumlah format iklan yang bisa Anda pasang pada YouTube. Google Ads yang telah memiliki enam format. Keenam format tersebut seperti skippable in-stream ads, non-skippable in-stream ads, bumper ads, in-feed video ads, masthead ads, hingga responsive display ads.

Cara beriklan di Youtube tersebut sangat penting untuk Anda pahami. Pahami setiap tahapannya hingga berhasil dan dapatkan banyak keuntungan.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *