Table of contents: [Hide] [Show]

Cara meningkatkan penjualan di marketplace membutuhkan beberapa strategi. Pada era digital ini berjualan online memang sudah menjadi hal yang umum. Bahkan berjualan online juga bisa menghasilkan penjualan yang lebih tinggi daripada secara offline, terlebih saat hari libur atau hari raya.

Bagi penjual online, marketplace menjadi salah satu pilihan untuk berjualan. Sebab, marketplace memberikan kemudahan dan memiliki banyak kelebihan. Penjual tentunya ingin meningkatkan penjualan produknya melalui marketplace.

Biasanya online marketplace memudahkan pembeli dalam memilih metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi masing-masing. Selain itu, juga menawarkan metode pengiriman barang yang cepat. Jika sudah memutuskan untuk berjualan melalui marketplace, maka perlu memahami cara meningkatkan penjualan produk Anda.

Ketahui Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Bagi yang memiliki bisnis di marketplace, namun penjualan Anda belum optimal. Berikut ini adalah sejumlah tips dalam meningkatkan penjualan melalui marketplace yang bisa Anda ikuti.

Pahami Pembeli

Hal pertama yang perlu Anda lakukan agar jualan makin laris yakni memahami pembeli. Sebab, dengan cara ini penjual bisa menarik para pembeli. Biasanya pembeli terbagi dalam dua kategori, yakni pembeli yang peduli harga dan tidak peduli harga. Pembeli peduli harga yakni mayoritas pembeli yang ada pada marketplace.

Biasanya tidak langsung memeriksa situs resmi dari penjual. Kebanyakan lebih dominan memeriksa langsung pada marketplace dan mencari produk paling murah. Pembeli seperti ini seringkali membuat penjual banting harga dan saling bersaing memberikan harga murah.

Sementara itu, ada tipe pembeli yang tidak peduli harga. Umumnya tidak fokus dengan harga termurah. Namun pembeli ini lebih mementingkan kualitas produk. Bahkan juga lebih memperhatikan rating dan review dari pembeli sebelumnya.

Perhatikan Cara Upload Produk

Cara meningkatkan penjualan di marketplace selanjutnya yakni dengan memperhatikan cara upload produk. Upload produk juga berpengaruh pada ketertarikan pembeli terhadap produknya. Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam mengupload produk. Mulai dari penulisan deskripsi hingga penggunaan foto produknya. Pastikan tidak copy paste deskripsi dari produk orang lain.

Tentu bukan tanpa alasan, penjual akan lebih baik tidak copy paste deskripsi dari produk lain. Sebab, deskripsi yang original menjadikan produk yang Anda jual akan terlihat unik. Riset mengungkapkan bahwa 87% dari 1000 responden menyatakan informasi produk sangat menentukan akan membeli produk atau tidak.

Lakukan Promosi

Anda juga perlu menggunakan sosial media untuk promosi dalam meningkatkan penjualan. Upload produk dan berikan informasi mengenai produk yang Anda jual melalui sosial media. Selain itu, bisa juga menggunakan sosial media untuk mengedukasi penggunanya.

Untuk menarik pembeli, bukan hanya menggunakan foto saja, namun bisa menggunakan video. Jangan lupa untuk menggunakan tagar agar memudahkan calon pembeli mencari produk yang Anda jual.

Tingkatkan Performa Toko

Memperkuat performa toko termasuk cara meningkatkan penjualan di marketplace. Masing-masing marketplace memiliki indikator untuk menilai performa toko. Kebanyakan marketplace juga memperhatikan keaktifan toko dalam melakukan penjualan dan membalas ulasan kepada pelanggan. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa sebuah marketplace menilai performa toko dari cara membalas pesan langsung dari para konsumen.

Perhatikan Persaingan Harga

Dengan banyaknya toko di marketplace, maka muncul pesaing yang menjual produk serupa. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan persaingan harga tersebut. Pastikan untuk tidak memasang harga yang terlalu tinggi atau rendah.

Berbagai cara meningkatkan penjualan di marketplace akan sangat membantu Anda. Terapkan strategi dalam meningkatkan penjualan untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *